Ragam Wisata di Lombok Wajib Ada Dalam Daftar Perjalanan

Kepopuleran Pulau Lombok tidak dapat diragukan lagi. Pulau yang sering disebut sebagai pesaing Pulau Dewata Bali ini memang memiliki banyak hal menarik. Mulai dari wisata alam, sampai wisata budaya. Ada beberapa nama tempat atau objek wisata di Lombok yang rasanya wajib dikunjungi. Selain karena terkenal, menjadi ikon wisata, tempat-tempat itu memiliki daya tarik berbeda dengan yang lain. Ditambah fasilitas untuk dapat sampai ke tempat tersebut cukup mudah. Walau jumlah tempat wisata di Pulau Lombok dan masuk dalam kategori ‘wajib dikunjungi’ sangat banyak, namun terdapat beberapa nama yang sering muncul sebagai tempat wisata sayang untuk dilewatkan. Apa saja? Yuk, kita ulas bersama!

Mengunjungi Pantai Khas Wisata di Lombok

Wisata Lombok Pantai Pink

Wisata Lombok Pantai Pink

Indonesia tanpa keberadaan pantai yang indah bukanlah Indonesia. Sama halnya dengan Pulau Lombok. Banyak sekali pantai-pantai dengan ciri khas tersebar di pulau ini. Dari mulai pantai yang mudah untuk diakses, sampai sangat sulit dan belum banyak didatangi wisatawan. Ada tiga pantai rekomendasi, wajib masuk dalam daftar perjalanan Lombok yaitu Pantai Kuta Lombok, Pantai Tanjung Aan, dan Pantai Pink Lombok. Ketiga pantai ini letaknya berbeda-beda. Wisata di Lombok Pantai Kuta berlokasi di Lombok Tengah, tepatnya di Desa Kuta, Kecamatan Pujut. Memiliki nama hampir sama dengan pantai populer Bali membuat banyak wisatawan terkadang bingung. Namun Pantai Kuta satu ini sungguh menarik, sebab belum banyak wisatawan yangg datang sehingga masih cukup terjaga ekosistemnya. Pantainya masih bersih dengan fasilitas tergolong cukup lengkap untuk para wisatawan atau turis bersenang-senang.

bau nyale

bau nyale

Pantai Tanjung Aan jadi nama pantai banyak direkomendasikan. Lokasinya di Lombok Selatan. Pantai ini terkenal dengan tekstur pasirnya yang unik yaitu berbentuk seperti butiran merica. Ombak Pantai Tanjung Aan menjadi satu alasan mengapa wisatawan sering mendatanginya. Ombaknya kencang dan ganas, khususnya saat menuju matahari terbenam. Menghadirkan panorama khas. Pantai Tanjung Aan adalah pantai asal Putri Mandalika yang mana setiap tahunnya diselenggarkan pesta rakyat Bau Nyale. Sementara Wisata di Lombok Pantai Pink merupakan perjalanan wajib sekali dipilih. Sesuai namanya, pantai ini terlihat memiliki pasir berwarna pink. Lokasinya berada di Lombok Timur. Pasirnya berwarna pink karena terdapat pecahan koral laut. Air laut yang biru kehijauan, ditambah dengan pasir pantai unik merah muda bercampur putih akan menambah kesan dalam perjalanan liburan di Pulau Lombok.

Gili-Gili Pelengkap Wisata di Lombok

gili trawangan sepeda

gili trawangan sepeda

Belum puas bermain air di pantai-pantai itu? Anda dapat lanjut memasukan gili atau pulau kecil ke dalam daftar perjalanan. Pulau Lombok memang terkenal akan keberadaan gilinya yang memiliki daya tarik tersendiri. Letaknya tidak begitu jauh dari pusat Kepulauan Lombok. Misalnya saja tiga macam gili paling terkenal dan banyak disinggahi yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Ketiganya  bersampingan, membuat wisatawan mudah menjelajahinya. Di ketiga gili tersebut juga sudah didirikan beragam fasilitas seperti penginapan dan restoran. Perjalanan wisata di Lombok nda semakin berkesan dan lengkap.

gendang beleq desa sade

gendang beleq desa sade

Masih banyak sekali tempat wisata yang rasanya wajib didatangi saat berlibur di Pulau Lombok. Di antaranya ada desa-desa adat dan kerajinan yaitu Desa Sade, Desa Sukarara, dan Desa Banyumulek. Lalu, melihat panorama luar biasa di Bukit Malimbu dan Tanjung Ringgit. Mempelajari kerukukan antar umat beragama dengan berkunjung ke Taman Narmada dan Pura Lingsar. Serta merasakan kesejukan wisata di Lombok dengan mandi di Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep.