Menjelajahi Sederet Wisata di Lombok Barat Yang Indah

Dalam waktu dekat memiliki waktu kosong untuk berlibur dan masih bingung mencari destinasi yang tepat? Pulau Lombok dapat menjadi satu pilihan.  Selain dikenal dengan keindahan alamnya, pulau ini juga kental akan nilai budaya dan sejarah. Ada sederet objek paket wisata Lombok Barat dengan nilai budaya dan sejarah kuat. Cocok didatangi dengan anak-anak atau teman terdekat. Anda juga dapat sekaligus berbelanja aneka kerajinan tangan buatan warga sekitar sebagai oleh-oleh. Apa saja objek wisata di Pulau Lombok bagian Barat yang kaya akan nilai budaya dan sejarah? Lalu, objek wisata alam apa saja yang ada di sana? Berikut ulasannya.

Mendatangi Taman Narmada dan Pura Lingsar Sebagai Wisata di Lombok Barat

narmada lombok

narmada lombok

Lombok bagian Barat merupakan daerah banyak disimbangi wisatawan. Bukan hanya karena tempatnya yang dekat dengan pusat kota, daerah ini juga memiliki sejumlah objek wisata dengan pesona masing-masing. Ada sederet nama tempat wisata terkenal dan masuk dalam jajaran tempat wisata populer Lombok. Di antaranya ialah Taman Narmada dan Pura Lingsar. Taman Narmada berlokasi di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada. Taman ini sangat luas dan memiliki nilai budaya serta sejarah yang kuat. Wisata di Lombok Barat mengunjungi Taman Narmada akan menambah wawasan, sebab taman ini menjadi sebuah wujud dari Gunung Rinjani yang dibuat oleh Raja Anak Agung Ngurah Karangasem sekitar tahun 1721. Taman ini sengaja dibangung sebagai replika dari Gunung Rinjani.

Sebagian masyarakat asli Pulau Lombok beragama Hindu dan pada zaman dahulu sering mengadakan ritual keagamaan di Gunung Rinjani. Namun seiring waktu, Raja Anak Agung Ngurah Kaarangasem membangun Taman Narmada sebagai lokasi ritual karena sudah tidak lagi sanggup pergi ke Gunung Rinjani. Sebuah kolah besar yang berada di tengah taman tersebut juga merupkan wujud replika Dana Segara Anak. Terdapat beberapa bagian taman yaitu Bale Terang berupa tempat tinggal raja, Kolam Narmada replika Danau Segara Anak yang menjadi tempat mandi para selir, Pura Narmada, dan Balai Petirtaan. Taman Narmada menjadi tempat wisata di Lombok terbuka untuk umum dan masih menjadi kawasan suci.

Wisata di Lombok Barat Pura Lingsar Wujud Persatuan Umat Beragama

pura lingsar keharmonisan

pura lingsar keharmonisan

Setelah menjelajahi Taman Narmada, masih dalam daerah yang sama terdapat sebuah kawasan religi bernama Pura Lingsar. Letaknya berada di Desa Lingsar, Kecamatan Narmada. Pura Lingsar adalah pura terbesar yang ada di Lombok Barat. Dari namanya, Anda mungkin berpikir bahwa tempat ibadah ini merupakan tempat ibadah umat agama Hindu. Namun, Pura Lingsar sebenarnya menjadi wujud dari kerukunan antar umat beragama di Lombok. Sebab, tidak hanya umat Hindu saja, pura ini juga menjadi tempat ibadah umat Islam Wete. Berdiri pada tahun 1741, wisata di Lombok Barat kawasan Pura Lingsar memiliki dua bagian yang semuanya masih terawat hingga saat ini.

Pada waktu tertentu, satu tahun sekali diselenggarakan upacara yang disebut Perang Topat di Pura Lingsar. Upacara ini diadakan setelah musim hujan dan menjelang musim tanam. Tujuannya ialah mengucapkan rasa syukur atas rejeki yang sudah diberikan. Kedua pemeluk agama yaitu Hindu dan Islam Wate Telu berkumpul bersama, merayakannya. Anda juga dapat bermain ke kolam Telaga Ageng, memanggil ikan-ikan besar dengan telur ayam rebus. Konon, ikan-ikan tersebut tidak pernah keluar tanpa bantuan lemparan telur ayam rebus. Itu dia ulasan singkat seputar wisata di Lombok Barat populer dengan nilai budaya dan sejarah.